JAKARTA - Sebagai langkah strategis menyambut mudik Lebaran tahun 2025, PT Pelayaran Nasional Indonesia (PT PELNI) siap mengakomodasi kebutuhan masyarakat dengan menyediakan sebanyak 781.723 tiket kapal. Pada musim Lebaran kali ini, PT PELNI menyiapkan 25 kapal penumpang dengan kapasitas total 60.212 tempat duduk, yang akan melayani 74 pelabuhan di seluruh penjuru Indonesia. Tak hanya itu, 30 kapal perintis juga disiapkan untuk menjangkau 230 pelabuhan lainnya.
Direktur Usaha Angkutan Penumpang PELNI, Nuraini Dessy, menegaskan bahwa persiapan yang matang telah dilakukan guna memastikan kenyamanan dan keselamatan penumpang selama periode angkutan Lebaran yang dimulai dari 16 Maret hingga 16 April 2025. "Persiapan kami meliputi ramp check kapal, perbaikan armada, dan workshop keselamatan untuk menjamin keandalan layanan selama periode mudik. Tiket sudah bisa dipesan mulai H-30 untuk memudahkan masyarakat merencanakan perjalanan," ujarnya akhir pekan lalu.
Komitmen Keselamatan dan Kenyamanan
Di sisi keselamatan, PT PELNI telah membekali armadanya dengan alat keselamatan yang lengkap. Untuk 25 kapal penumpang, terdapat 216 lifeboat, 1.716 life-raft, dan 70.671 life-jacket yang disiapkan. Sedangkan, bagi 30 kapal perintis, tersedia 84 lifeboat, 600 life-raft, serta 16.253 life-jacket. Alat-alat keselamatan ini dapat menampung keseluruhan kapasitas penumpang, yaitu 67.892 orang untuk kapal penumpang dan 19.438 orang untuk kapal perintis.
"Tidak hanya fokus pada keselamatan, kami juga terus meningkatkan kenyamanan penumpang dengan fasilitas modern di kapal, seperti poliklinik, restoran, minimarket, mini theater, serta layanan terbaru berupa TV channel dan WiFi komersial," tambah Dessy, menegaskan komitmen perusahaan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
Kemudahan Akses Tiket dan Pembayaran
Untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan tiket, PELNI telah menjalin kerja sama dengan berbagai platform teknologi perbankan dan mitra ritel lainnya. Tiket kapal bisa diperoleh melalui aplikasi perbankan seperti fitur Lifestyle BCA Mobile, Sukha Livin Mandiri, dan BNI agen46. Selain itu, juga tersedia di jaringan Indomaret dan OMI mitra Indomaret, Alfamart, ATA Tour, Fastpay, easybook.com, via.com, serta mitra lainnya.
Sedangkan untuk mekanisme pembayaran, masyarakat dapat menggunakan berbagai opsi yang telah disediakan, termasuk dengan Bank BTN, BRIVA, BNI Virtual Account, Permata Bank, Mandiri Virtual Account, serta berbagai jaringan mini market yang ada.
Doking Rutin Kapal PELNI
Saat ini, terdapat beberapa kapal PELNI yang tengah berada dalam perawatan rutin atau doking. Di antaranya adalah KM Awu dengan rute Kumai - Surabaya - Benoa - Bima - Waingapu - Ende - Kupang - Kalabahi; KM Nggapulu yang melayani rute Tanjung Priok - Surabaya - Makassar - Bau-Bau - Namlea - Ambon - Ternate - Jailolo - Bitung; serta KM Tatamailau, KM Kelimutu, dan KM Egon.
"Lima kapal di atas kami pastikan sudah kembali beroperasi normal sebelum 10 Maret 2025," ujar Dessy, memastikan kesiapan armada PELNI dalam melayani masyarakat menjelang mudik Lebaran.
Dengan persiapan matang yang dilakukan oleh PT PELNI, masyarakat diharapkan dapat menikmati perjalanan mudik yang aman dan nyaman. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa pelayaran, PELNI terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dan menjadi solusi transportasi utama bagi para pemudik di Indonesia.