Perbankan

Transformasi Perbankan Digital, BTN Gandeng DMI Wujudkan Donasi QRIS di Masjid

Transformasi Perbankan Digital, BTN Gandeng DMI Wujudkan Donasi QRIS di Masjid
Transformasi Perbankan Digital, BTN Gandeng DMI Wujudkan Donasi QRIS di Masjid

JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) berkolaborasi dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk memperkenalkan sistem donasi digital di masjid-masjid seluruh Indonesia. Inisiatif ini bertujuan untuk mempermudah umat Islam dalam menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) secara cashless melalui QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dan aplikasi Super App Bale by BTN.

Kemudahan Donasi Digital melalui QRIS

Kerja sama antara BTN dan DMI memungkinkan umat untuk melakukan donasi dengan memindai kode QR yang tersedia di kotak amal masjid menggunakan aplikasi pembayaran digital. Selain itu, umat juga dapat memberikan donasi melalui fitur QRIS yang tersedia di aplikasi Super App Bale by BTN. Thomas Wahyudi, SEVP Digital Business BTN, menyatakan bahwa BTN berkomitmen menghadirkan solusi keuangan yang inklusif dan membuka kesempatan bagi semua orang untuk memberdayakan diri dan keluarga mereka. Dengan adanya kerja sama ini, para pengurus masjid dapat menikmati berbagai produk dan layanan perbankan yang tersedia di BTN, hanya dengan mengakses Super App Bale by BTN. Kami berharap pengelolaan keuangan pribadi para pengurus masjid, serta administrasi masjid yang mereka kelola menjadi lebih efisien dan tertata, ujar Thomas dalam keterangan tertulis, Kamis, 22 Mei 2025.

Pemberdayaan Pengurus Masjid melalui Program Agen BTN

BTN juga memperkenalkan program Agen BTN untuk memberdayakan pengurus masjid secara finansial. Dengan menjadi nasabah BTN, pengurus masjid dapat menjadi agen BTN yang menyediakan berbagai layanan transaksi, seperti pembayaran tagihan KPR, listrik, telepon, pulsa, zakat, infaq, dan sedekah. Program keagenan ini diharapkan dapat menjadi pemasukan tambahan bagi takmir masjid, ujar Thomas.

Layanan KPR untuk Takmir Masjid

Sebagai bank yang memiliki keahlian di pembiayaan sektor perumahan, BTN turut menyediakan layanan pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR) atau pembiayaan kepemilikan rumah dengan skema subsidi bagi para takmir masjid. Diharapkan, para pengurus masjid dapat memiliki rumah impian yang layak, aman, nyaman, dan terjangkau sesuai dengan segmen mereka yang termasuk segmen pekerja informal, tambah Thomas.

Target Implementasi QRIS di 50.000 Masjid

Pada tahap pertama, BTN berharap sekitar 50.000 masjid per tahunnya dapat merasakan manfaat dari kerja sama digital dengan DMI. Hingga akhir kuartal I-2025, jumlah pengguna Super App Bale by BTN telah mencapai 2,4 juta dengan nilai transaksi yang mencapai Rp22,3 triliun. BTN optimistis pada akhir 2025 dapat mencapai target jumlah pengguna Bale by BTN di kisaran 3,6 juta hingga empat juta user, ujar Thomas.

Solusi Keuangan Digital yang Terintegrasi

Super App Bale by BTN menawarkan berbagai fitur dan layanan transaksional yang bersaing tanpa harus berpindah-pindah aplikasi. Kerja sama solusi keuangan bersama DMI ini sejalan dengan upaya BTN menggenjot pendanaan murah dan berkelanjutan melalui transaksi digital mulai tahun ini, jelas Thomas.

Kolaborasi antara BTN dan DMI dalam memperkenalkan donasi digital melalui QRIS dan aplikasi Super App Bale by BTN merupakan langkah strategis dalam mendukung inklusi keuangan di Indonesia. Dengan mempermudah umat dalam menyalurkan ZIS secara digital, diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam pengelolaan dana masjid serta memberdayakan pengurus masjid secara finansial.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index